- Back to Home »
- Informatika »
- LOGIKA PEMROGRAMAN
Posted by : Unknown
Thursday, December 26, 2013
LOGIKA INFORMATIKA
Logika disebut juga “the calculus of computer science”
karena logika memegang peranan yang sangat penting di bidang ilmu komputer.
Peran kalkulus (matematika) sama pentingnya untuk ilmu-ilmu bidang sains,
misalnya ilmu fisika, ilmu elektronika, ilmu kimia, dan sebagainya. Oleh karena
itu, biasanya pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen setuju bahwa logika memainkan
peranan penting dalam berbagai bidang keilmuan, bahkan dalam kehidupan manusia
sehari-hari. Logika, komputasi numerik, dan matematika diskrit memiliki peran
penting dalam ilmu komputer karena semuanya berperan dalam pemrograman.
Logika merupakan dasar-dasar matemtis suatu perangkat lunak,
digunakan untuk memformalkan semantik bahasa pemrograman dan spesifikasi
program, serta menguji ketepatan suatu program. Hal ini menunjukkan betapa
pentingnya logika matematika karena banyak ilmu, khususnya dalam bidang ilmu
komputer, yang memerlukan logika untuk berkembang. Logika dalam ilmu komputer
dalam ilmu komputer digunakan sebagai dasar dalam belajar bahasa pemrograman,
struktur data, kecerdasan buatan, teknik/sistem digital, basis data, teori
komputasi, rekayasa perangkat lunak, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, dan
lainlainnya yang mempergunakan logika secara intensif. Salah satu contoh yang
populer adalah sistem digital, yaitu bidang ilmu yang didasari oleh logika
untuk membuat gerbang logika (logic gates) dan arsitektur komputer sebagai inti
mikroprosesor, otak komputer atau central processing unit.
Logika matematika (mathematical logic) adalah cabang ilmu di
bidang matematika yang memperdalam masalah logika, atau lebih tepatnya
memperjelas logika dengan kaidah-kaidah matematika. Logika matematika sendiri
juga terus berkembang, mulai dari logika proposional, logika predikat,
pemrograman logika, dan sebaganya. Perkembangan terakhir ilmu logika adalah
logika fuzzy, atau di Indonesia disebut logika kabur atau logika samar.
Implementasi logika fuzzy dapat ditemui pada pengatur suhu udara (AC), mesin
pencuci, kulkas, lainnya. Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan mengenai
peran penting logika dalam ilmu komputer. Jika seseorang ingin mempelajari ilmu
komputer, maka ia tidak bisa terlepas dari masalah logika. Oleh karena itu,
logika matematika dipelajari secara formal di perguruan tinggi, khususnya dalam
ilmu komputer sebagai matakuliah wajib selama 1 semester. Di indonesia sendiri
ilmu komputer lebih populer dengan nama Teknik Informatika atau Teknologi
Informasi
MATEMATIKA DAN LOGIKA
Menurut Betrand Russel matematika adalah ilmu yang
menyangkut deduksi logis tentang akibat-akibat dari pangkal fikir umum semua
penalaran. Ini berkaitan dengan konsepsi matematika sebagai ilmu formal, ilmu tentang bilangan dan ruang, ilmu tentang besaran dan keluasan, ilmu tentang
hubungan, pola bentuk, dan rakitan juga sebagai ilmu yang bersifat abstrak dan
deduktif.
MAKNA LOGIKA
Berasal dari bahasa yunani “LOGOS” yang berarti kata,
ucapan, atau alasan. Logika adalah metode atau teknik yang diciptakan untuk
meneliti ketepatan penalaran. Logika mengkaji prinsip-prinsip penalaran yang
benar dan penalaran kesimpulan yang absah. Ilmu ini pertama kali dikembangkan
sekitar 300 SM oleh Aristoteles dan dikenal sebagai logika tradisioanal atau
logika klasik. Dua ribu tahun kemudian dikembangkan logika modern oleh George
Boole dan De Morgan yang disebut dengan Logika Simbolik karena menggunakan
simbol-simbol logika secara intensif. Dasar pemikiran logika klasik adalah
logika benar dan salah yang disimbolkan dengan 0 (untuk logika salah) dan 1
(untuk logika benar) yang disebut juga Logika Biner. Tetapi pada kenyataanya
dalam kehidupan sehari-hari banyak hal yang kita jumpai yang tidak bisa
dinyatakan bahwa sesuatu itu mutlak benar atau mutlak salah. Ada daerah dimana
benar dan salah tersebut nilainya tidak bisa ditentukan mutlak benar atau
mutlak salah alias kabur.
HUBUNGAN MATEMATIKA DAN LOGIKA
Menurut Rudolf Carnap (1931)
- Konsep matematika dapat diturunkan dari konsep-konsep
logika dengan melalui batasan-batasan yang jelas.
- Dalil-dalil matematika dapat diturunkan dari
aksioma-aksioma logika dengan perantara deduksi logis secara murni.
Menurut Betrand Russel
- Logika adalah masa muda matematika dan matematika adalah
masa dewasa logika.
LOGIKA DAN KOMPUTER
Arsitektur sistem komputer tersusun atas rangkaian logika 1
(true) dan 0 (false) yang dikombinasikan dengan sejumlah gerbang logika AND.
OR, NOT, XOR, dan NAND. Program komputer berjalan di atas struktur penalaran
yang baik dari suatu solusi terhadap suatu permasalahan dengan bantuan komponen
program IF…THEN…ELSE, FOR…TO…DO, WHILE, CASE…OF.
LOGIKA DAN ALGORITMA PEMROGRAMAN
Apa itu yang dimaksud dengan istilah kata logika dan algoritma?
Nah disini kita akan mengerti cara belajar logika & Algoritma pemrograman,
pertama kita definisikan istilah-istilah tersebut. Logika adalah Suatu
pernyatahan yang di situ hanya ada dua nilai kalau tidak benar ya salah.
Sedangkan algoritma merupakan urutan langkah-langkah/perintah/sebuah instruksi
yang di susun secara sistematis dan logis untuk menyelesaikan masalah.
CARA BELAJAR LOGIKA & ALGORITMA PEMPROGRAMAN
Sedikit mengenai sejarah dari kata algoritma, algoritma
berasal dari bahasa Arab dengan lafal Al-Khwarizmi, bahasa Inggris Algorizm dan
bahasa Indonesia disebut dengan nama Algoritma. Selain kita sudah mengerti
tentang pengertian diatas untuk cara belajar logika & algoritma pemrograman
kita harus mengenali istilah-istilah dari program, pemrograman, bahasapemrograman. Kita ulas satu persatu.
A. Program adalah rangkaian kata perintah yang di mengerti
oleh komputer untuk menyelesaikan masalah. Kata- kata perintah tersebut
membentuk suatu bahasa yang di sebut dengan bahasa pemrograman.
B. Pemrograman adalah proses mengimplementasikan suatu
masalah dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman.
C. Bahasa pemrograman adalah Prosedur atau tata cara
penulisan program.Contoh: Basic, Pascal, Cobol, Visual Basic, Delphi, Java,C++,
dan lain sebagainya.
Ada dua jenis bahasa pemrograman
1. Low level Language : berorientasi mesin (Assembly)
2. High level Language : bahasa yang lebih dekat dengan
manusia yang memiliki aturan-aturan yang mudah di pahami manusia. contoh:
Basic, Pascal, Cobol, Visual Basic, Delphi, Java,C++
Ada 2 cara dalam penyajian sebuah algoritma pemrograman
1. Tulisan melitputiGambar
Teks algoritma ( model structured English )
Pseudo-code (kode/tanda yg menyerupai (pseudo) atau
merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah)
2. Bagan Alir ( Flow Chart) adalah suatu bagan yang
menggambarkan arus logika dari data yang akan di proses dalam suatu progam
menggunakan sImbol-simbol.
Contoh gambar symbol-simbol flow chart
1. Analisa problem
2. Perancangan algoritma
Pembuatan program
-Tes Dokumentasi
-Tes Implementasi
Kesimpulannya Alogritma pemrograman menurut GolekIlmu.com
adalah sebuah langkah/prosedur awal (desain program) yang disusun secara urut
yang meliputi input,proses dan output untuk selanjutnya dirumuskan atau
digunakan ke bahasa pemrograman. Demikian cara belajar logika & Algoritma
pemrograman yang saya ketahui mungkin jika saudara ingin menambahkan silahkan
karena saya tahu bahwa artikel yang saya buat kurang dari sempurna.
terima kasih, postingan anda sangat bermanfaat.
ReplyDeleteMy blog