Posted by : faqih nuzli Thursday, December 26, 2013

LOGIKA INFORMATIKA

Logika disebut juga “the calculus of computer science” karena logika memegang peranan yang sangat penting di bidang ilmu komputer. Peran kalkulus (matematika) sama pentingnya untuk ilmu-ilmu bidang sains, misalnya ilmu fisika, ilmu elektronika, ilmu kimia, dan sebagainya. Oleh karena itu, biasanya pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen setuju bahwa logika memainkan peranan penting dalam berbagai bidang keilmuan, bahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Logika, komputasi numerik, dan matematika diskrit memiliki peran penting dalam ilmu komputer karena semuanya berperan dalam pemrograman.

Logika merupakan dasar-dasar matemtis suatu perangkat lunak, digunakan untuk memformalkan semantik bahasa pemrograman dan spesifikasi program, serta menguji ketepatan suatu program. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya logika matematika karena banyak ilmu, khususnya dalam bidang ilmu komputer, yang memerlukan logika untuk berkembang. Logika dalam ilmu komputer dalam ilmu komputer digunakan sebagai dasar dalam belajar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, teknik/sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, dan lainlainnya yang mempergunakan logika secara intensif. Salah satu contoh yang populer adalah sistem digital, yaitu bidang ilmu yang didasari oleh logika untuk membuat gerbang logika (logic gates) dan arsitektur komputer sebagai inti mikroprosesor, otak komputer atau central processing unit.

Logika matematika (mathematical logic) adalah cabang ilmu di bidang matematika yang memperdalam masalah logika, atau lebih tepatnya memperjelas logika dengan kaidah-kaidah matematika. Logika matematika sendiri juga terus berkembang, mulai dari logika proposional, logika predikat, pemrograman logika, dan sebaganya. Perkembangan terakhir ilmu logika adalah logika fuzzy, atau di Indonesia disebut logika kabur atau logika samar. Implementasi logika fuzzy dapat ditemui pada pengatur suhu udara (AC), mesin pencuci, kulkas, lainnya. Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan mengenai peran penting logika dalam ilmu komputer. Jika seseorang ingin mempelajari ilmu komputer, maka ia tidak bisa terlepas dari masalah logika. Oleh karena itu, logika matematika dipelajari secara formal di perguruan tinggi, khususnya dalam ilmu komputer sebagai matakuliah wajib selama 1 semester. Di indonesia sendiri ilmu komputer lebih populer dengan nama Teknik Informatika atau Teknologi Informasi


MATEMATIKA DAN LOGIKA

Menurut Betrand Russel matematika adalah ilmu yang menyangkut deduksi logis tentang akibat-akibat dari pangkal fikir umum semua penalaran. Ini berkaitan dengan konsepsi matematika sebagai ilmu formal, ilmu tentang bilangan dan ruang, ilmu tentang besaran dan keluasan, ilmu tentang hubungan, pola bentuk, dan rakitan juga sebagai ilmu yang bersifat abstrak dan deduktif.


MAKNA LOGIKA

Berasal dari bahasa yunani “LOGOS” yang berarti kata, ucapan, atau alasan. Logika adalah metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan penalaran. Logika mengkaji prinsip-prinsip penalaran yang benar dan penalaran kesimpulan yang absah. Ilmu ini pertama kali dikembangkan sekitar 300 SM oleh Aristoteles dan dikenal sebagai logika tradisioanal atau logika klasik. Dua ribu tahun kemudian dikembangkan logika modern oleh George Boole dan De Morgan yang disebut dengan Logika Simbolik karena menggunakan simbol-simbol logika secara intensif. Dasar pemikiran logika klasik adalah logika benar dan salah yang disimbolkan dengan 0 (untuk logika salah) dan 1 (untuk logika benar) yang disebut juga Logika Biner. Tetapi pada kenyataanya dalam kehidupan sehari-hari banyak hal yang kita jumpai yang tidak bisa dinyatakan bahwa sesuatu itu mutlak benar atau mutlak salah. Ada daerah dimana benar dan salah tersebut nilainya tidak bisa ditentukan mutlak benar atau mutlak salah alias kabur.


HUBUNGAN MATEMATIKA DAN LOGIKA

Menurut Rudolf Carnap (1931)
- Konsep matematika dapat diturunkan dari konsep-konsep logika dengan melalui batasan-batasan yang jelas.
- Dalil-dalil matematika dapat diturunkan dari aksioma-aksioma logika dengan perantara deduksi logis secara murni.

Menurut Betrand Russel
- Logika adalah masa muda matematika dan matematika adalah masa dewasa logika.


LOGIKA DAN KOMPUTER

Arsitektur sistem komputer tersusun atas rangkaian logika 1 (true) dan 0 (false) yang dikombinasikan dengan sejumlah gerbang logika AND. OR, NOT, XOR, dan NAND. Program komputer berjalan di atas struktur penalaran yang baik dari suatu solusi terhadap suatu permasalahan dengan bantuan komponen program IF…THEN…ELSE, FOR…TO…DO, WHILE, CASE…OF.


LOGIKA DAN ALGORITMA PEMROGRAMAN

Apa itu yang dimaksud dengan istilah kata logika dan algoritma? Nah disini kita akan mengerti cara belajar logika & Algoritma pemrograman, pertama kita definisikan istilah-istilah tersebut. Logika adalah Suatu pernyatahan yang di situ hanya ada dua nilai kalau tidak benar ya salah. Sedangkan algoritma merupakan urutan langkah-langkah/perintah/sebuah instruksi yang di susun secara sistematis dan logis untuk menyelesaikan masalah.


CARA BELAJAR LOGIKA & ALGORITMA PEMPROGRAMAN

Sedikit mengenai sejarah dari kata algoritma, algoritma berasal dari bahasa Arab dengan lafal Al-Khwarizmi, bahasa Inggris Algorizm dan bahasa Indonesia disebut dengan nama Algoritma. Selain kita sudah mengerti tentang pengertian diatas untuk cara belajar logika & algoritma pemrograman kita harus mengenali istilah-istilah dari program, pemrograman, bahasapemrograman. Kita ulas satu persatu.

     A. Program adalah rangkaian kata perintah yang di mengerti oleh komputer untuk menyelesaikan masalah. Kata- kata perintah tersebut membentuk suatu bahasa yang di sebut dengan bahasa pemrograman.
     B. Pemrograman adalah proses mengimplementasikan suatu masalah dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman.
     C. Bahasa pemrograman adalah Prosedur atau tata cara penulisan program.Contoh: Basic, Pascal, Cobol, Visual Basic, Delphi, Java,C++, dan lain sebagainya.

Ada dua jenis bahasa pemrograman
1. Low level Language : berorientasi mesin (Assembly)
2. High level Language : bahasa yang lebih dekat dengan manusia yang memiliki aturan-aturan yang mudah di pahami manusia. contoh: Basic, Pascal, Cobol, Visual Basic, Delphi, Java,C++

Ada 2 cara dalam penyajian sebuah algoritma pemrograman
1. Tulisan melitputiGambar
Teks algoritma ( model structured English )
Pseudo-code (kode/tanda yg menyerupai (pseudo) atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah)
2. Bagan Alir ( Flow Chart) adalah suatu bagan yang menggambarkan arus logika dari data yang akan di proses dalam suatu progam menggunakan sImbol-simbol.
Contoh gambar symbol-simbol flow chart



 Tahap-tahap dari pemrograman:
1. Analisa problem
2. Perancangan algoritma
Pembuatan program
-Tes Dokumentasi
-Tes Implementasi
  
Kesimpulannya Alogritma pemrograman menurut GolekIlmu.com adalah sebuah langkah/prosedur awal (desain program) yang disusun secara urut yang meliputi input,proses dan output untuk selanjutnya dirumuskan atau digunakan ke bahasa pemrograman. Demikian cara belajar logika & Algoritma pemrograman yang saya ketahui mungkin jika saudara ingin menambahkan silahkan karena saya tahu bahwa artikel yang saya buat kurang dari sempurna.


 

 


 




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

BIOKOM-pti Powered by Blogger - Blognya: biokom-pti