Posted by : faqih nuzli Monday, October 21, 2013

Piranti Keluaran | Output Device Pada Komputer

Piranti atau perangkat komputer adalah kumpulan alat-alat yang bekerja berdasarkan fungsinya masing-masing sehingga menghasilkan sebuah komputer. Pada komputer ada dua macam perangkat yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), sedangkan manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer disebut brainware.

Artikel atau postingan ini membahas tentang perangkat keluaran (output device) yang termasuk perangkat keras (hardware). Pada postingan yang lain, anda dapat mempelajari tentang artikel perangkat masukkan (input device) ataupun pembahasan mengenai perangkat lunak (software), anda dapat mengunjungi postingan/artikel tersebut.

Pengertian piranti keluaran (Output device)

alat untuk menghasilkan informasi yang diperoleh dari hasil pemrosesan, yang dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf,angka,simbol khusus), image (dalam betuk grafis atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Output device bisa diartikan juga sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.

Perangkat keluaran (Output) dapat berupa :

1. Hard copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras, misalnya kertas atau film. Hard copy device bersifat permanen dan lebih portabel (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa kemana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat mikrofilm.

2. Soft copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Soft-copy device dapat berupa video display, flat panel, dan speaker.

3. Drive speaker atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media, misalnya magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, yaitu sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Drive device yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.

Macam-macam Perangkat keluaran (Output) pada komputer

1. Video Display atau monitor

Media yang pertama adalah Video Display, output yang ada akan disajikan melalui suatu alat yang bentuknya mirip dengan televisi. Pada saat ini, video display sudah merupakan satu kesatuan dari sebuah komputer
Perangkat komputer berbentuk layar yang digunakan untuk menampilkan hasil output berupa sinyal elektronik, yang menampilkan tulisan dan gambar disebut monitor.

Fungsi:
- Menampilkan pesan, instruksi, gambar, dan hasil pengolahan data (informasi output).
- Sebagai layar televisi dan output film dari CD atau DVD player pada komputer.http://biokom-pti.blogspot.com/2013/10/output-device.html

2. Printer

Berfungsi untuk mencetak hasil pekerjaan dalam media kertas dan sejenisnya. Jenis-jenis printer antara lain; Printer Dot Matrix, Ink-Jet dan Laser-Jet. Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut. Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
http://biokom-pti.blogspot.com/2013/10/output-device.html
3. Speaker

Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker. Speaker berasal dari kata speak yang artinya berbicara/mengeluarkan suara. Speaker adalah suatu alat yang dibuat untuk menghasilkan suara yang diperintahkan oleh pemutar suara (head unit). Pada audio kita mengenal istilah sound system, yang menurut terjemahan dasarnya berarti sistem yang mengatur tata letak dari suara yang keluar dari speaker. Pengaturan dan tata letak yang benar membuat keluaran sebuah audio menghasilkan suara yang mendekati kenyataan atau aslinya Pengenalan jenis speaker yang dimiliki membantu proses pengaturan speaker yang optimal.

4 Headphone

adalah sepasang pengeras suara kecil, atau kurang umum pembicara tunggal, diadakan dekat dengan telinga pengguna dan dihubungkan ke sumber sinyal seperti amplifier audio, radio, pemutar CD atau media player portabel. Mereka juga dikenal sebagai stereophones, headset atau, bahasa sehari kaleng. Versi in-ear dikenal sebagai earphone atau earbuds. Dalam konteks telekomunikasi, istilah headset digunakan untuk menjelaskan kombinasi headphone dan mikrofon yang digunakan untuk komunikasi dua arah, misalnya dengan telepon.

5. Plotter

Printer grafis yang menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.
http://biokom-pti.blogspot.com/2013/10/output-device.html


Setelah selesai pembahasan tentang piranti keluaran (output device), anda daprat mempelajari juga tentang piranti masukkan (input device) dan pengertian perangkat lunak (software).



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

BIOKOM-pti Powered by Blogger - Blognya: biokom-pti