Posted by : Unknown Tuesday, June 24, 2014

CARA MEMBUAT DAFTAR ISI PADA MICROSOFT OFFICE WORD

Daftar Isi pada suatu karya ilmiah sangatlah penting, dengan daftar isi pembaca dapat mempermudah untuk menemmukan halaman penting dari buku yang dibacanya. Daftar Isi adalah sebuah halaman pada buku yang dijadikan petunjuk isi buku yang disertakkan nomor halamannya. Susunan dari daftar isi adalah sebagai berikut: Kata pengantar, Pendahuluan, judul bab, sub baba tau subjudul, kesimpulan, saran, dan daftar pustaka.

Secara garis besar daftar isi merupakan bentuk pengorganisasian keseluruhan isi buku. Daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca menemukan informasi yang diperlukan seperti: menemukan pengidentifikasian dan perumusan masalah dalam sebuah buku, menemukkan halaman yang menyajikan bukti-bukti hasil penelitian, serta memudahkan pembaca untuk menemukan solusi.

Secara umum cara membuat daftar isi di Microsoft office word terbagi menjadi dua kategori yaitu membuat daftar isi secara manual dan membuat daftar isi secara otomatis dengan menggunakan template TOC yang telah disediakan oleh Microsoft office word.

Pada artikel ini akan dibahas tentang cara membuat daftar isi pada Microsoft office word secara manual dengan memanfaatkan tab (tabulasi) dan leader (titik-titik).

Setelah menyelesaikan suatu karya ilmiah kita memerlukan sebuah halaman daftar isi untuk memudahkan pembaca menemukan informasi penting dari suatu karya ilmiah, serta menjadikan karya ilmiah menjadi tersusun secara sistematis, untuk membuat daftar isi suatu buku anda dapat melihat tutorial dibawah ini:

Tata cara membuat daftar isi di Microsoft word 2010 dan 2007

1. Buka Ms. Word di computer anda dan pastikan menu ruler sudah aktif, jika belum anda dapat mengaktifkannya di menu view lalu centang sub menu ruler.

http://biokom-pti.blogspot.com/2014/06/cara-membuat-buat-daftar-isi-dan-penomoran-halaman-otomatis-pada-microsoft-word-ulik-informatika.html


2. Ketik tulisan yang akan dijadikan daftar isi, anda dapat melihat contoh dibawah:

a. Ketik “DAFTAR ISI” lalu di blok dan klik sub menu “bold” dan rata tengah

b. Ketik “Kata Pengantar” dengan rata kiri

3. klik 2 kali pada ruler (tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat) pada batas tertentu untuk menentukan possisi berhentinya leader (titik-titik) sehingga muncul jendela baru kemudian atur sesuai kebutuhan , anda dapat melihat contoh dibawah:

a. Pada “Aligment” pilih yang right

b. Pada “Leade”r pilih yang nomor 2

c. Klik tombol set, kemudian klik tombol OK

http://biokom-pti.blogspot.com/2014/06/cara-membuat-buat-daftar-isi-dan-penomoran-halaman-otomatis-pada-microsoft-word-ulik-informatika.html


4. Kemudian tekan tombol Tab (Pada keyboard) dengan posisi kursor setelah “Kata Pengantar” . Anda dapat melihat hasilnya berupa titik-titik sampai batas yang sudah ditentukan tadi.

5. Selanjutnya memberi penomoran setelah titi-titik menggunakan “Right Tab” (Batas kanan). Caranya dengan meng-klik tombol tab (sebelah kiri atas) hingga berubah menjadi “Right Tab”. Kemudian klik angka 6 (contoh) pada ruler dan letakan kursor setelah titik-titik kemudian tekan tombol Tab pada keyboard lalu beri nomor “01”.

http://biokom-pti.blogspot.com/2014/06/cara-membuat-buat-daftar-isi-dan-penomoran-halaman-otomatis-pada-microsoft-word-ulik-informatika.html


Setelah selesai dengan langkah-langkah diatas untuk selanjutnya anda dapat melanjutkan mengetik daftar isi tanpa harus mengulangi langkah-langkah diatas, yang perlu dilakukan hanya menekan tombol enter dan tombol tab pada keyboard untuk pindah baris dan memberi titik-titik secara otomatis serta spasi.





CARA MEMBUAT PENOMORAN OTOMATIS HALAMAN MICROSOFT WORD

1. Pada lembar kerja Microsoft word, klik menu insert lalu klik sub menu “Page Number”.

2. Pada pilihan yang muncul, silahkan pilih “Top of Page” untuk penomoran di bagian atas halaman atau pillih “Bottom of Page” untuk penomoran di bilah bagian bawah halaman.

3. Klik pilihan style yang anda sukai, anda dapat menambahkan text pada footer atau header dari page number agar terkesan lebiih menarik.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah:


http://biokom-pti.blogspot.com/2014/06/cara-membuat-buat-daftar-isi-dan-penomoran-halaman-otomatis-pada-microsoft-word-ulik-informatika.html


Pada Microsoft office word 2007-2012 pengaturannya tidak jauh berbeda, selamat belajar semoga bermanfaat.


{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. Terimakasih artikelnya keren banget…

    Kamu butuh tutorial dalam menggunakan beberapa aplikasi komputer?
    Seperti office, adobe dan lain-lain?
    Kunjungi kumpulan tutorial-tutorial gratis

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya , sangat bermanfaat

    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  3. Terima kasih bermanfaat sekali gan... Terus kalo mau buat halaman berbeda gimana ya gan?

    Kunbal ya gan... http://honbookstore.com

    ReplyDelete

BIOKOM-pti Powered by Blogger - Blognya: biokom-pti