Posted by : Unknown Monday, March 3, 2014


File jenis format PDF merupakan pemformatan dokumen yang dikembangkan oleh Adobe corporation. Tujuan pengembangan PDF adalah agar tampilan sebuah dokumen dapat dilihat dan dicetak dalam berbagai sistem operasi komputer secara konsisten atau sama. Hal ini berbeda dengan berbagai jenis file dokumen lain yang tidak bisa dibaca di sistem operasi lain, atau dapat dibaca namun mengalami perubahan layout.

File PDF (*.pdf) saat ini sangat populer, terutama digunakan dalam pertukaran dokumen di internet. Untuk membaca dokumen PDF dapat menggunakan software PDF Reader, banyak tersedia PDF Reader salah satunya adalah Adobe Acrobat Reader yang disediakan secara gratis oleh Adobe. Dewasa ini banyak bermunculan cara-cara mengkonversi file format PDF menjadi Microsoft word yang bertujuan untuk memudahkan dalam pengeditan file tersebut. Untuk mengkonversi PDF menjadi dokumen yang bias di edit kita perlu membeli software-nya sedangkan untuk membaca tidak perlu biaya.

File PDF telah menjadi standar dunia sebagai dokumen elektronik (digital). Kita boleh membuat dokumen asal dengan memakai Word atau Excel terlebih dahulu. Biasanya dokumen asal tersebut kita beri format, layout, grafik, font serta gambar tertentu, bukan? Setelah dokumen asal yang kita buat tersebut sudah sempurna, maka kita dapat mengkonversi file tersebut yang tadinya ber-extension .doc atau .xls ke .pdf. Bila file PDF ini anda kirim ke orang lain, maka orang lain akan membaca/melihat dokumen tersebut seperti apa yang anda lihat atau buat terdahulu di Word maupun Excel. Sekali lagi anda tidak perlu kuatir, sepanjang file tersebut sudah dikonversi ke pdf maka format, layout dan lain-lainnya dari dokumen asal sudah final/tetap (tidak berubah lagi).

Menurut Wikipedia PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Berkas PDF dapat disandikan sehingga untuk dapat membuka atau mengeditnya diperlukan katakunci tertentu. Penyandian berkas PDF dilakukan dalam dua tingkat, yakni 40-bit dan 128-bit dengan menggunakan sistem sandi kompleks RC4 dan MD5. Berkas PDF juga dapat diberi pembatasan DRM untuk membatasi aktivitas penggandaan, penyuntingan, maupun pencetakan berkas tersebut.

Namun kali ini anda dapat mengkonversi file PDF menjadi file word secara gratis, Convert pdf menjadi word/doc dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain:
· Convert dengan cara online
· Convert menggunakan solid converter pdf to word
· Convert menggunakan classic pdf shareware
· Dan masih banyak lagi…

Pada artikel ini yang dibahas adalah cara mengkonversi file PDF menjadi file word menggunakan Nitro, Cara penggunaannya bisa online atau pun offline, untuk convert secara online ada bisa langsung mengunjungi situs resminya yaitu: https://www.pdftoword.com/ , ataupun anda bisa secara offline dengan mendownload aplikasi Nitronya.

Semoga artikel mengenai convert pdf bermanfaat.






{ 11 komentar... read them below or Comment }

  1. Replies
    1. Iya gan sama-sama, terimakasih juga atas kunjungannya.

      Delete
    2. apa ini juga berlaku untuk excel dan office lainnya ?

      Delete
    3. Aplikasi ini cuma convert PDF ke Ms. Word gan, mungkin agan bisa cari alternative lain dengan meng-copy paste dari Ms. word ke excel kalau datanya memungkinkan.

      Delete
  2. tips jitu, jadi mudah edit pdf
    thanks ya...

    ReplyDelete
  3. terimakasih gan, infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. mantap... pertolongan di saat kritis ni gan :)
    thaks alot

    ReplyDelete
  5. Dicoba dulu mas moga hasilnya bagus, makasih infonya

    ReplyDelete
  6. passwordnya, apa ya? tolonnngggg

    ReplyDelete
  7. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja Bank BTPN Syariah

    ReplyDelete

BIOKOM-pti Powered by Blogger - Blognya: biokom-pti