Posted by : faqih nuzli Friday, February 21, 2014

Belajar Borland C++ membuat game sederhana "Kertas batu gunting" dengan syntax sederhana yang menggunakan pernyataan fungsi IF.


Pernyataan IF

Pernyataan Percabangan digunakan untuk memecahkan persoalan untuk mengambil suatu keputusan diantara sekian pernyataan yang ada. Untuk keperluan pengambilan keputusan, Borland C++ menyediakan beberapa perintah antara lain.

Pernyataan if mempunyai pengertian, “ Jika kondisi bernilai benar, makaperintah akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan diabaikan”. Penulisan kondisi harus didalam tanda kurung dan berupa ekspresi relasi dan penulisan pernyataan dapat berupa sebuah pernyataan tunggal, pernyataan majemuk atau pernyataan kosong. Jika pemakaian if diikuti dengan pernyataan majemuk.


Pernyataan IF ELSE

Pernyataan if mempunyai pengertian, “ Jika kondisi bernilai benar, maka perintah-1 akan dikerjakan dan jika tidak memenuhi syarat maka akan mengerjakan perintah-perintah”. Perintah-1 dan perintah-2 dapat berupa sebuah pernyataan tunggal, pernyataan majemuk atau pernyataan kosong. Jika pemakaian if-else diikuti dengan pernyataan majemuk.


Pernyaataan Nested IF

Nested if merupakan pernyataan if berada didalam pernyataan if yanglainnya. Sedangkan pernyataan IF-Else Majemuk adalah bentuk dari if-else bertingkat sebenarnya serupa dengan nested if, keuntungan penggunanan if-else bertingkat dibanding dengan nested if adalah penggunaan bentuk penulisan yang lebih sederhana.

Dibawah ini adalah contoh syntax program game batu kertas gunting yang menggunakan pernyataan if:




http://biokom-pti.blogspot.com/2014/02/borland-c-membuat-game-batu-kertas.html


Sedikit keterangan dari syntax game batu kertas gunting diatas:

- <conio.h> adalah header yang harus disertakan, jika terdapat getch();

- <iostream.h> adalah header dari cout<< dan cin>>

- float adalah tipe data untuk bilangan pecahan, Agan bisa ganti tipe data float dengan yang lain, misalkan tipe data double, int, long, dll.

- cout<< adalah perintah keluaran / output, untuk menampilkan data ke layar.

- cin>> adalah untuk memasukkan suatu data.

- if (playera == 1 && playerb == 1)

cout<<"DRAW!..."<<endl;

berarti “Jika player a memilih 1 dan player b memilih 1 maka output yang akan di keluarkan adalah "DRAW!..." “

- else artinya “jika tidak demikian”.

- if (playera == 1 && playerb == 2)

cout<<"PLAYER (B) MENANG!..."<<endl;

“Maka jika player a memilih 1 dan player b memilih 2 maka output yang akan dikeluarkan adalah “PLAYER (B) MENANG!..."”.

_ getch() dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h


Anda dapat mengunjungi artikel selanjutnya untuk melengkapi pengetahuan anda tentang pernyataan switch case, atau download ebook c++ DISINI


Artikel terkait:




  • Tutorial dan kumpulan contoh syntax c++
  • Ebook borland c++ lengkap
  • Pernyataan Switch Case bersarang dan IF | Borland c++



  • { 2 komentar... read them below or Comment }

    BIOKOM-pti Powered by Blogger - Blognya: biokom-pti