Posted by : faqih nuzli Tuesday, February 18, 2014

Membuat program "mencari luas persegi panjang" menggunakan borland c++, sebelum pada pokok pembahasan ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu syntax yang akan digunakan pada pembuatan program ini, program mencari luas persegi panjang pada artikel ini menggunakan syntax yang sangat dasar dan sederhana yaitu hanya menggunakan perintah masukkan dan perintah keluaran, berikut adalah keterangan mengenai perintah masukkan dan perintah keluaran:


A. Perintah Keluaran

Perintah standar output yang disediakan oleh Borland C++, diantaranya adalah :
printf()
puts()
putchar()
cout()

1. Fungsi printf() merupakan fungsi keluaran yang paling umum digunakan untuk menampilkan informasi kelayar.

2. Perintah puts() sebenarnya sama dengan printf(), yaitu digunakan untuk mencetak string ke layar. puts() berasal dari kata PUT STRING.

Perbedaan antara printf() dengan puts() adalah :

a. Pada printf() harus menentukan tipe data untuk data string, yaitu %s, sedangkan pada puts() tidak perlu menentukan tipe data string karena fungsi ini khusus untuk tipe data string

b. Pada printf() Untuk mencetak pindah baris memerlukan notasi “\n”, sedangkan pada puts() tidak perlu mencantumkan “\n” untuk pindah baris, karena sudah diberikan secaca otomatis.

3. Perintah putchar() digunakan untuk menampilkan sebuah karakter ke layar. Penampilan karakter tidak diakhiri dengan pindah baris.

4. Fungsi cout() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk enampilkan suatu data kelayar. Untuk menggunakan fungsi cout() ini, harus menyertakan file header iostream.h.


B. Perintah Masukan

Perintah standar input yang disediakan oleh Borland C++, diantaranya adalah :
scanf()
gets ()
cin()
getch()
getche()

1. Fungsi scanf() digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data.

2. Fungsi gets() digunakan untuk memasukkan data string.

Perbedaan antara scanf() dengan gets(): Pada scanf() tidak dapat menerima string yang mengandung spasi atau tab dan dianggap sebagai data terpisah, sedangkan pada gets() dapat menerima string yang mengandung spasi atau tab dan masih dianggap sebagai satu kesatuan data.

3. Fungsi cin() merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk memasukkan suatu data. Untuk menggunakan fungsi cin() ini, harus menyertakan file header iostream.h.

4. Fungsi getch() (get character and echo) dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.

5. Fungsi getche()dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukan ditampilkan di layar. File header yang harus disertakan adalah conio.h.

Berikut adalah contoh syntax program mencari luas persegi panjang:




Hasilnya Compile:

http://biokom-pti.blogspot.com/2014/02/borland-c-membuat-program-mencari-luas.html


Tips:

Pahami apa yang menjadi input , proses dan output dari setiap kasus yang ada. Sebagai contoh bila anda diminta menghitung luas lapangan sepakbola yang berbentuk persegi panjang maka anda akan menggunakan rumus:

luas = Panjang * Lebar
Panjang dan lebar adalah sebagai Input
Rumus Panjang * Lebar sebagai proses
Luas sebagai Output


Artikel terkait:

Membuat game batu kertas gunting | Borland c++
Borland c++ Pernyataan Switch Case bersarang dan IF
Ebook Borland c++ Lengkap


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

BIOKOM-pti Powered by Blogger - Blognya: biokom-pti