Posted by : Unknown Monday, October 21, 2013


Application Softwre (Software Aplikasi) dapat dikatakan sebagai program/aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan komputer atau yang lainnya, seperti Hand Phone, Tablet, dll.

Secara umum Software dibagi menjadi 2 yaitu:

a.) Software aplikasi yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik. contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan sebagainya.

b.) Software sistem yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.

Dibawah ini ada beberapa jenis dan contoh software aplikasi yang biasa digunakan:


1.) Word processing

Word processing disebut juga pengolah kata untuk membuat dokumen. Berguna untuk memformat teks sehingga teks lebih rapi, misalnya rata kanan-kiri dan sebagainya.

Gramer checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa. Thesaurus adalah untuk mencari padanan kata.

2.) Spreadsheet

Spreadsheet berupa sekumpulan sel yang khas. Setiap sel terdiri dari nama baris dinyatakan dengan angka dan nama kolom dinyatakan dengan huruf.

Beberapa contoh nama spreadsheet, yaitu Claris Resolve dari Claris Corporation, excel dari Microsoft, lotus 1-2-3 dari Lotus. Development Corporation, QuatroPro dari Novel Corporation, StarOffice Calc dari Sun Microsystems.

3.) Desktop Publishing

Biasanya digunakan untuk mencetak kartu undangan. Cocok sekali bagi yang ingin membuka usaha percetakan, karena ia bisa menggabungkan metode dari perangkat lunak yang lain.

Contoh nama dari program desktop publishing, yaitu corel draw, frame maker, indesign, ventura, dan lain-lain.

4.) Presentasi Grafik

Software ini biasanya digunakan untuk membuat bahan presentasi grafik sehingga pembuatan bahan presentasi mudah dan cepat. Anda juga bisa menambahkan fitur-fitur penambah cantiknya bahan presentasi Anda.

Contoh aplikasi ini adalah dengan menambahkan gambar animasi atau bahkan menambahkan video untuk ditayangkan guna memperjelas bahan presentasi. Contoh nama software ini adalah StarOffice Impress, FreeLance Grafics, Power Point, dan lain-lain.

5.) Komunikasi

Software ini berfungsi untuk berkomunikasi antar orang melalui e-mail (electronic-mail), atau disebut juga dengan surat elektronik. Beberapa contoh nama software email ini adalah Perfect Office, Kmail, OutLook Express, Netscape messenger, dan lain-lain.

6.) Personal Information Manager (PIM)

PIM sangat berguna untuk mengelola informasi pribadi, seperti tugas, jadwal, rekanan atau klien dan juga keuangan. Beberapa contoh dari software ini adalah commence, computer organizer, lotus organizer, Microsoft outlook.

7.) Manajemen Data

Software manajemen data disebut juga dengan DBMS (Database Management System). DBMS berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data agar lebih cepat dan tepat.

Beberapa contoh nama DBMS, yaitu access dari Microsoft Corporation, paradox, visual Dbase, visual express, dan visual foxpro. DBMS memiliki fitur yang canggih sekali, misalnya mampu menyediakan fasilitas keamanan bagi pengakses yang tidak berwewenang.

Software aplikasi merupakan sebuah jembatan antara manusia (Brainware) dan Perangkat keras (Hardware) untuk melakukan sebuah pekerjaan tertentu pada sebuah komputer atau yang lain, software aplikasi merupakan penerjemah antara manusia (Brainware) dengan komputer (Hardware).

Semoga ilmu yang di-share bermanfaat, apabila ada kejanggalan atau kurang faham tentang software aplikasi, silahkan berkomentar dibawah.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

BIOKOM-pti Powered by Blogger - Blognya: biokom-pti