Posted by : faqih nuzli Saturday, January 18, 2014

Internet merupakan sistem global jaringan komputer yang berhubungan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan jaringan pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal ke lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah kode array yang luas dari teknologi jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet juga dapat didefinisikan sebagai interkoneksi seluruh dunia komputer dan jaringan komputer yang memfasilitasi sharing atau pertukaran informasi di antara pengguna.


Pengertian Internet, internet (interconnected computer networks) bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini lebih dikenal dengan “online” di internet. Pekerjaan ini bisa di ibaratkan seperti kita berjalan-jalan di tempat hiburan sembari melihat-lihat ke toko-toko namun tidak membeli jualan tersebut.

Beberapa server di internet telah menyediakan file atau dokumen yang dapat untuk di gandakan oleh para penggunanya secara gratis. Telnet fasilitas ini digunakan untuk masuk ke system computer tertentu dan bekerja pada system komputer lain. Ghoper fungsi ini digunakan untuk menempatkan informasi yang di simpan pada internet servers dengan menggunakan hirarkhi dan pengguna bisa mengambil informasi tersebut secara mudah dan gratis.


FITUR-FITUR INTERNET DIANTARANYA ADALAH:

A. Elektronik mail (E-mail)

fitur ini dipakai sebagai media berkirim surat dengan orang lain, tanpa ada batasan waktu, ruang bahkan birokrasi dunia maya yakni kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet. Pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet world wide web (www) dengan world wide web (www) ini kita bisa mengambil, memformat, dan menampilkan informasi (termasuk teks, audio, grafik serta video dengan menggunakan hypertext links.

B. Chatting
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

C. Video Streaming
Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran video secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Dengan teknologi video streaming ini memungkinkan kita menonton televisi melalui Internet.

D. VOIP (Voice Over Internet Protocol)
suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).


JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

Secara umum, jenis jenis jaringan komputer yang banyak digunakan manusia pada saat ini bisa dikategorikan ke dalam dua kelompok. Kedua jenis jaringan tersebut yaitu :

1. peeer to peer
Untuk jenis jaringan peer to peer ini, biasanya digunakan untuk sebuah organisasi kecil yang di dalamnya tidak memiliki banyak informasi rahasia. Pada sistem ini, setiap perangkat komputer yang ada di dalam ruangan tersebut, akan saling terhubung satu sama lain dengan posisi sama. Maksudnya, tidak ada satu komputer yang memiliki fungsi utama atau sebagai server dalam jaringan tersebut.

2. Terhubung Server
Sedangkan untuk jenis jenis jaringan komputer berbasis server tersebut memiliki konsep yang berbeda dengan jenis jaringan peer to peer di atas. Untuk jaringan berbasis server, setiap komputer akan terhubung pada sebuah komputer utama yang berfungsi sebagai komputer utama.
Selain kedua jenis yang mudah dijumpai, terdapat beberapa jenis jaringan komputer lain yang banyak digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Diantaranya adalah jaringan komputer Model OSI.

Model OSI ini merupakan sebuah sistem komunikasi komputer yang sudah disusun dalam sebuah standar tertentu. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Perancang dari konsep OSI ini adalah International Standar Organiation yang berhasil menciptakan konsep OSI pada tahun 1974. Namun, konsep ini baru disetujui pada tahun 1983 untuk bisa digunakan oleh seluruh produsen.

Konsep ini menjadi dasar perancangan berbagai sistem jaringan, terutama jaringan nirkabel seperti Local Area Network (LAN) atau juga Metropolitan Locak Area Network (MLAN). Dengan menggunakan jenis jaringan komputer berbasis OSI ini, setiap produk yang dibuat oleh produsen, bisa diintegrasikan dengan produk yang dibuat oleh perusahaan lain karena sudah ada standarisasi sistem.


JARINGAN WIRELESS

A.Wireless Wide Area Networks
Teknologi ini menciptakan sistem jaringan tanpa kabel dengan memanfaatkan jaringan baik dari jaringan publik atau privat. Dengan menggunakan sistem ini, jangkauan yang bisa dicakup sangat luas seperti dalam lingkup kota. Hal ini dimungkinkan dengan mlogiemancarkan sinyal melalui antena yang memantulkan sinyal dari pusat.

Selain menggunakan antena, pemancaran sinyal juga menggunakan satelit dari operator telepon. Dengan sistem ini, masyarakat bisa menikmati layanan berbasis 3G atau Thirg generation. Teknologi ini berbasis jaringan telepon seluler yang menggunakan gelombang GSM atau CDMA. Kelebihan dari konsep 3 G ini adalah bahwa sistem tersebut sudah bisa digunakan di seluruh penjuru dunia karena adanya standarisasi secara global.

B. Wireless Metropolitan Area Networks
Sistem ini menghubungkan semua komputer yang ada di setiap wilayah dalam radius tertentu. Seperti gedung perkantoran atau komputer yang ada di rumah atau sekolah. Dengan konsep wirelees maka biaya investasi bisa ditekan karena penyedia jasa tidak membutuhkan lagi perangkat serat optik atau kabel tembaga.

Hanya saja, beberapa wilayah yang menggunakan sistem ini masih memposisikan sebagai sistem cadangan untuk jenis jaringan berbasis kabel. Sistem ini hanya digunkana ketika jaringan kabel mengalami gangguan. sistem WMAN ini memanfaatkan gelombang radio atau infra merah sebagai pemancar sinyal.

C. Wireless Local Area Networks
Sistem ini merupakan jenis jaringan tanpa kabel yang daya jangkau sinyalnya sangat terbatas dan bersifat lokal. Jaringan ini banyak dijumpai pada wilayah publik seperti bandara, rumah makan, hotel atau lembaga pendidikan seperti sekolah atau kampus.

Di beberapa gedung perkantoran, banyak pula yang sudah menggunakan sistem jaringan WLAN ini. Hanya saja, sistem ini hanya digunakan ketika sistem jaringan utama yang masih mengandalkan jaringan kabel mengalami masalah. Selain itu, sistem WLAN ini banyak dimanfaatkan oleh gedung perkantoran apabila mereka mengalami kesulitan dalam proses instalasi kabel jaringan atau juga bila hendak dimanfaatkan dalam masa pendek. Misalnya untuk ajang kegiatan pelatihan.

Untuk menciptakan jaringan Wireless Local Area Network ini, memanfaatkan stasiun wireless yang terhubung dengan acces point nirkabel. Stasiun wireless ini berfungsi menghubungkan stasisuan serta backbone jaringan yang sudah tersedia.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

BIOKOM-pti Powered by Blogger - Blognya: biokom-pti