Posted by : Unknown Thursday, June 19, 2014

http://biokom-pti.blogspot.com/2014/06/penjelasan-mengenai-alexa-alexa-internet-amazon.html

PENJELASAN MENGENAI ALEXA


Alexa.com adalah situs yang menyediakan data komersial terkait traffic web, Alexa rank (Peringkat Alexa) merupakan salah satu alat ukur suatu web berdasarkan jumlah trafik pengunjung yang masuk ke suatu situs web. Semakin besar trafik suatu web maka semakin tinggi peringkat alexa web tersebut dan sebaliknya semakin kecil trafik suatu web maka semakin rendah peringkat alexa web tersebut. Alexa Rank mempunyai nilai peringkat terkecil yaitu 1 ( satu ) sampai dengan peringkat terbesar ( nilainya tidak dibatasi ). Pada perhitungan sistem di Alexa Rank apabila semakin kecil nilai Alexa rank suatu situs web maka semakin baik peringkat situs web tersebut.

Menurut Wikipedia Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999. Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, dimana data-data tersebut disimpan dan di analisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Situs web Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.

Pada pengoprasiannya perusahaan ini menawarkan sebuah toolbar ciptaan mereka yang memberikan pengguna internet berbagai masukan untuk menentukan tujuan berikutnya dalam berselancar menggunakan internet, berdasarkan dari pola traffic komunitas pengguna internet itu sendiri. Alexa juga menawarkan konteks bagi setiap situs web yang dikunjungi, informasi kepada siapa situs web tersebut didaftarkan, berapa halaman yang dimiliki oleh situs web tersebut, dan seberapa sering isi situs web tersebut diperbaharui. Operasi Alexa termasuk juga mengarsipkan halaman web yang mereka telusuri. Database ini disimpan dalam sebuah server yang kemudian disebut "Internet Archive" dan bisa diakses melalui sebuah mesin pencari yang dinamakan "Wayback Machine". Pada tahun 1998, perusahaan ini menyumbangkan sebuah salinan yang hanya berukuran 2 terabytes dari arsip tersebut kepada Perpustakaan Kongres Amerika. Alexa kemudian memasok Arsip Internet tersebut secara rutin dengan menggunakan mesin penelusuran situs.



MANFAAT ALEXA


Setelah mengetahui sedikit ulasan mengenai alexa, selanjutnya anda dapat pula menyimak tentang manfaat alexa untuk blog, terutama bagi blogger pemula seperti saya yang masih butuh banya pengetahuan dan bagi anda yang ingin meningkatkan rank suatu web.

Alexa berguna untuk mengetahui peringkat blog atau website anda, anda bisa menggunakan situs penyedia layanan ranking blog atau website seperti Alexa rank. Di Alexa rank ini kita dapat melihat peringkat situs kita baik secara lokal maupun secara global. Semakin tinggi page rank blog kita di Alexa mempengaruhi traffic di blog kita, karena itu menandakan kepopuleran situs kita dan merupakan prestige tersendiri. Ranking yang ada di Alexa rank sendiri diambil berdasarkan data banyaknya jumlah pengunjung pada suatu situs dalam tiga bulan terakhir. Situs yang pengunjungnya paling banyak pada tiga bulan terakhir itulah yang akan mendapatkan peringkat pertama dan semakin sedikit pengunjung suatu situs akan membuat peringkatnya menurun atau membengkak semakin besar.

Setelah anda mengetahui manfaat dari alexa, anda dapat mendaftarkan website anda ke situs alexa.com untuk memantau perkembangan website yang anda miliki dari pengunjung yang dating, selain itu anda dapat menaikkan peringkat website anda.


{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. memang alexa sangat penting sebagai tambahan trafik ke blog kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK mas, bener banget selain alexa ada juga PR untuk meningkatkan kwalitas sebuah blog.

      Delete
  2. this is very nice article from the author , and dont forget to visit my special article at obat paten

    ReplyDelete

BIOKOM-pti Powered by Blogger - Blognya: biokom-pti